Penyebab Utama Hardisk Menjadi Rusak

Bagi sebagian orang, data yang ada didalam hardisk memiliki nilai yang sangat tinggi, bahkan bisa lebih berharga daripada harga komputer itu sendiri. Dengan mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab utama hardisk menjadi rusak, kita dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan, kehilangan data yang sangat berharga misalnya.

Pada prinsipnya penyebab utama hardisk menjadi rusak ada 2 yakni:

1.Listrik
Jika di tempat anda sering mengalami gangguan listrik seperti tegangan listrik yang suka naik turun apalagi sering mati listrik, 'sangat disarankan' memakai UPS (Uninterruptible Power Supply). Alat ini mempunyai kemampuan untuk membuat cadangan listrik sehingga jika sewaktu-waktu terjadi gangguan listrik (terutama mati listrik) maka komputer tidak langsung mati tapi ada jeda waktu. Dalam kondisi mati listrik, sebuah UPS biasanya dapat memberikan daya listrik ke komputer sekitar 15 menit. Waktu segitu bisa memberikan kesempatan ke kita untuk dapat mematikan komputer secara normal (melalui shutdown atau hibernate)

2.Panas dari hardisk itu sendiri
Hardisk bisa mengalami overheating atau panas yang berlebihan. Ini diakibatkan karena elemen / mesin dari hardisk itu sendiri. Disarankan memakai Cooler atau kipas pendingin hardisk. Harganya cukup murah (sekitar 10 – 15 rb). Akan lebih baik lagi jika dikasih Cooler / kipas tambahan pada casing sehingga perputaran udara didalam casing menjadi lebih teratur. Casing adalah kotak tempat menyimpan perangkat komputer seperti hardisk, motherboard, CD-ROM dsb.

Sebagai tambahan, jika hendak membeli komputer bekas, 'khusus' untuk hardisk lebih baik beli yang baru. Faktor usia juga bisa menjadi penyebab hardisk sering mengalami masalah (biasanya hardisk dapat berjalan optimal tanpa masalah dalam kurun waktu 5 tahun).

6 komentar:

  1. gan newbi numpang nanya ni..ane ada masalah dgn HDD ni..ane pnya hdd 40 giga.ane partisi C dan E,nah yg jadi masalahnya driver yg C nya..itu setau ane harusnya free space nya sktr 4 giga klo diitung2 tpi klo di properties cuma 1,5 giga freenya,tpi sering turun naik sendiri dlm wktu brp jam...bisa jadi 2,5 g,,nantinya bisa turun lagi sendiri padhal ane ga ngapa2in....MOHON pencerahanya MASTAR

    BalasHapus
  2. Sorry Gan gw tanya dulu nih OS yang lo Pake apaan ... Biasanya ada settingan sendiri buat ngatur HDD jadi Memory tambahan ....

    BalasHapus
  3. os ane xp service pack 2 gan..ane ga tau knp jadi kaya gitu...apa ada cara2 biar bisa tau kmn ilangnya soalnay ilangnya itu sktr 5 giga

    BalasHapus
  4. Gan Kemungkina Kompi lo Diinstal Program yang makan Kapasitas HDD lo Solusinya .... lo udah coba defrag dulu HDD lo ..... Klo Masih juga ... Coba lu cobain Clean Registry Windowsnya Pake Sistym Mechanic... Kompi gw Jg pernah sama ky gitu ... Gw Coba pake System Mechanic Ok lagi ... Gan ...
    Gw Kasih Ling Downloadnya nih ya

    http://download.iolo.net/sm/8/trial/SystemMechanic.exe

    ato pake yang ini


    http://download.iolo.net/sm/8pro/trial/SystemMechanicPro.exe


    Klo masih Masih nga bisa Juga ...... Isntal Ulang Aja Gan

    BalasHapus
  5. Gimana gan udah di coba saran gw :D

    BalasHapus
  6. itu mksdnya clean registry itu apa yak gan??jadinya itu ada efek apa di komp ane gan??soalanya di HDD ane yg 1 lagi byk isi2 game ama program2....ga bisa defrag gan kapasitasnya cuma sisa 10 % doang soalnya...trus cara pake program itu gimana gan??

    BalasHapus